BEM FTG

BEM FTG 2018-01-05T03:42:00+00:00

 

BEM Keluarga Mahasiswa “Himpunan Mahasiswa Geologi” Fakultas Teknik Geologi Universitas Padjadjaran  (BEM KM “HMG” FTG UNPAD) yang dulu lebih dikenal dengan Himpunan Mahasiswa Geologi (HMG) sudah berdiri lebih dari 57 tahun yang lalu. Lembaga ini dibentuk untuk mewadahi kreativitas mahasiswa dan sebagai sarana bertukar pikiran, pengalaman, ilmu pengetahuan dan sarana mengasah kemampuan hardskill dan softskill anggota, bergerak untuk mewujudkan tri dharma perguruan tinggi. Anggota yang tergabung dalam Keluarga Mahasiswa Teknik Geologi berkisar sejumlah 800 orang angkatan aktif dengan pengurus BEM-FTG berjumlah 157 orang.

BEM KM “HMG” FTG UNPAD dipimpin oleh seorang Kepala Kasu, merupakan pemimpin dari KM ”HMG” FTG Unpad dan merangkap jabatan sebagai ketua BEM KM ”HMG” FTG Unpad. Dalam kepengurusan, Kepala Suku dibantu oleh seorang Wakil Kepala Suku. Kepengurusan terbagi ke dalam 9 kementrian; Sekretaris Umum, Bendahara Umum, Kementerian Akademik, Kementerian Kemahasiswaan, Kementerian Minat dan Bakat, Kementerian Sosial Masyarakat, Kementerian Eksternal, Kementerian Pengembangan Sumberdaya Manusia dan Organisasi, Kementerian Media dan Informasi.

Program kerja dan ranah aktivitas BEM KM “HMG” FTG UNPAD antara lain peningkatan softskill, kepemimpinan, penelitian dan pengembangan bidang ilmu kegeologian, pendelegasian ke lingkup nasional dan internasional, aktivitas sosial, dan kerohanian serta kegiatan yang menampung aspirasi minat dan bakat mahasiswa.

Ruang kesekretariatan BEM bernama MANTAI (Mako Santai) terletak di Gedung 2 FTG Unpad di depan parkiran motor. Diperuntukkan untuk warga himpunan.

Visi & Misi

Visi

Mengoptimalisasi Sistem yang Baik dan Berkelanjutan untuk HMG

Misi

  • Membangun sistem di HMG yang bertujuan untuk memprovide warga himpunan sebaik – baiknya agar tujuan berhimpun dapat dirasakan.
  • Performa yang baik, di kontrol oleh kuantitas dan kualitas yang berimbang, baik dari jumlah SDM maupun kegiatan.
  • Atmosfer yang baik untuk menunjangnya performa yang diinginkan, melalui keterbukaan, meliputi komunikasi yang baik, sehingga terbangun keselarasan didalam komponen – komponen sistem yang diinginkan.
Program Kerja Unggulan
  1. EARTH (Education and Art with HMG)

Sebagai sarana untuk memperkenalkan Fakultas Teknik Geologi serta Himpunan Mahasiswa Geologi kepada masyarakat luas salah satunya siswa/i SMA sederajat,  mengadakan suatau acara yang dikemas dalam bentuk perlombaan dan pembelajaran yang nantinya sekaligus dapat mewadahi minat dari siswa/i SMA sederajat untuk lebih mengenal dan mendalami pengetahuan umum mengenai Geologi khusunya mengenai Fakultas Teknik Geologi.

  1. NBA (Nongkrong Bareng Alumni)

Sebuah acara yang menghadirkan alumni ke FTG Unpad, selain sebagai ajang untuk reuni, pemberian Short course dari alumni, pemberian masukan kepada peserta mengenai dunia kerja, sharing mengenai pengalaman kerja serta pengalaman himpunan diberikan untuk memberikan gambaran, motivasi, dan semangat untuk mahasiswa FTG yang berkedudukan sebagai junior.

  1. Seminar Beasiswa

Kurang meratanya informasi tentang keberadaan beasiswa yang ada sehingga acara ini dapat menjadi wadah bagi mahasiswa/i Unpad untuk mendapatkan informasi tersebut. Juga banyak mahasiswa/i yang mengetahui adanya beasiswa namun kurang memahami persyaratan-persyaratan yang ditentukan oleh pihak sponsor sehingga dengan adanya acara ini, para pendaftar dapat mempersiapkan diri guna memenuhi persyaratan yang ada.

 

  1. HMG Research Group (HRG)

HMG Research Group merupakan salah satu program yang dibuat berdasarkan hasil dari studi pustaka maupun penelitian di lapangan agar dapat dipublikasikan untuk meningkatkan penelitian serta mengembangkan inovasi warga HMG, menumbuhkan semangat serta menfasilitasi warga HMG untuk melakukan penelitian sehingga muncul bibit-bibit unggul dari warga HMG yang mampu mengharumkan nama Fakultas Teknik Geologi dan Unpad.

 

  1. MOM (Minute of Meeting)

MOM dibuat untuk membantu mengontrol seluruh kegiatan yang akan dilakukan. MOM seperti suatu sistem yang memaksa seluruh departemen/divisi melakukan hal yang terbaik dalam menjalankan kegiatan BEM. Dengan hadirnya aplikasi ini, seluruh kegiatan dapat dikontrol ataupun dilihat dalam bentuk software, seluruh perkembangan dapat dilihat pencapaiannya seperti apa. Juga kita dapat menuliskan beberapa evaluasi-evaluasi kegiatan yang sangat bermanfaat untuk perbaikan di kegiatan selanjutnya.

 

  1. Bina Desa

Desa merupakan inti dalam menopang kebutuhan dan kemajuan bangsa. Dengan mengabaikan masyarakat desa, maka akan sulit untuk mencapai tujuan pembangunan nasional. Oleh karena itu masyarakat pedesaan harus diberdayakan sesuai dengan kondisi dan potensialnya masig-masing. Mahasiswa pelaksana Bina Desa ini diharapkan mampu menumbuhkan rasa pedulian berkontribusi pada masyarakat di desa agar terbangun desa binaan yang aktif, berwirausaha, mandiri dan sejahtera.