GEOCENTRIC

Geocentric (Geological Center of Journalistic) merupakan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) di Fakultas Teknik Geologi Universitas Padjadjaran. Geocentric berdiri pada tanggal 25 Maret 2007. Geocentric merupakan UKM yang bergerak dalam bidang Jurnalistik, Desain, Fotografi, dan Cinematografi. UKM ini mengakomodir mahasiswa yang berminat dan tertarik pada kegiatan-kegiatan seperti hunting foto, pendokumentasian berita, menulis artikel, memperindah mading, editing video, film dokumenter, membuat majalah dan kegiatan-kegiatan yang berhubungan dengan bidang Geocentric. Kegiatan – kegiatan besar Geocentric antara lain Amazing Race dan Majalah Ruang Bumi.

 

VISI

Menjadikan Geocentric sebagai wadah untuk berkumpul dan berkembang

MISI

  1. Meningkatkan skill fotografi, sinematografi, jurnalistik dan desain dari setiap individu
  2. Mengapresiasi setiap individu Geocentric
  3. Meningkatkan rasa memiliki terhadap Geocentric

KEGIATAN BESAR GEOCENTRIC

 1. Amazing Race

   Amazing Race merupakan sebuah acara yang dibuat oleh Geocentric yang  didalamnya berisi permainan – permaianan yang dikemas dalam sebuah perjalanan menjelajah kota. Pada Amazing Race ini peserta yang berpartisipasi terbagi dalam beberapa kelompok. Dimana  setiap kelompok harus memiliki relasi personal di antara teman sekelompoknya karena hal ini akan berpengaruh pada kekompakan yang dimiliki kelompok tersebut. Selanjutnya setiap kelompok harus berkompetisi dengan kelompok lainnya dan berlomba untuk menjelajahi tempat – tempat yang telah ditentukan yang merupakan pos – pos untuk melakukan misi. Yang dimana dalam penjelajahan misi ini peserta diberikan uang saku dan penggunaan alat komunikasi yang terbatas.

Setiap kelompok pastinya ingin tiba pertama di post pada setiap babak untuk memenangkan hadiah, dan menghindari tiba paling terakhir, yang mungkin menyebabkan mereka tereliminasi atau mendapatkan halangan lebih di babak berikutnya. Mereka bepergian menuju tempat atau pos tujuan dengan transportasi umum yang harus mereka dapatkan sendiri. Petunjuk-petunjuk (yang terkadang berupa teka-teki) ada di setiap babak, yang dimana petunjuk – petunjuk tersebut akan mengarahkan setiap kelompok untuk pergi ke tempat tujuan berikutnya atau melakukan tantangan – tantangan yang telah diberikan. Tantangan-tantangan ini umumnya berhubungan dengan tema yang diangkat ataupun seputar pengetahuan umum  . Secara bertahap, kelompok-kelompok akan tereliminasi hingga yang tiba pertama di pos terakhir akan mendapatkan hadiah utama dan keluar sebagai tim pemenang.

2. Ruang Bumi

            Ruang Bumi merupakan majalah yang disusun dan diterbitkan oleh Geocentric Unpad.  Majalah Ruang Bumi ini diterbitakan satu tahun dua kali yang dimana memiliki tema yang berbeda di setiap edisi dengan konten-konten yang menyesuaikan dengan tema tersebut. Majalah Ruang Bumi ini memberikan informasi, tips’n trick, profil, games, dan berbagai pengatahuan yang dikemas secara menarik dan juga interaktif. Saat ini majalah Ruang Bumi telah memiliki dua edisi terbitan dan akan segera diterbitkan edisi ketiganya di bulan Juni nanti.