Joint Reserch on Sosio-Cultural and Sosio-economic aspect of the newly designed Unesco Global Geopark Ciletuh-Palabuhan Ratu, Akita University Japan dan Fakultas Teknik Geologi Unpad

[ftg.unpad.ac.id, 28/09/2018] Dalam rangka riset kerjasama Prof. Yoshimi Miyake Guru Besar dari Akita University melakukan kunjungan ke Fakultas Teknik Geologi (FTG) Unpad pada pada tanggal 28 September sampai dengan tanggal 4 Oktober 2018.

Dalam kunjungannya Prof. Yoshimi membawa 4 orang mahasiswa yang merupakan siswa tahun ketiga. Field Study ini merupakan bagian dari Research Collaboration antara Fakultas Teknik Geologi Unpad dengan Akita Univerity Jepang. Menurut Prof. Yoshimi, kegiatan ini merupakan rangkaian ketiga dari studi lapangan kami ke Indonesia. Kami ingin sekali mempelajari aspek sosial-budaya serta sosio-ekonomi dari UNESCO Geopark Ciletuh- Palabuhan Ratu yang baru disahkan, yang terletak di Samudra Hindia dari Jawa barat.

 

Di FTG, kunjungan rombongan diterima dengan baik oleh Dekan FTG Unpad Dr. Vijaya Isnaniawardhani. Selanjutnya diadakan diskusi mengenai sejarah, ekonomi, masyarakat, budaya, dan Bahasa daerah Ciletuh, Palabuhan Ratu. Dari Universitas Padjadjaran  Prof. Dr. Cece Sobarna, M.Hum dan Dr. Dra. Puspa Mirani Kadir M.A. hadir sebagai narasumber.

Kemudian rombongan mengunjungi Rektorat Unpad dan diterima oleh Kepala Kantor Internasional Ronny Lesmana, MD, M.Kes., AIFO, PhD.

Pada tanggal 29 September – 3 Oktober 2018 rombongan akan melanjutkan field Study  ke Kawasan Geopark Ciletuh dengan didampingi oleh  Prof. Mega Fatimah dan Tim FTG untuk melakukan kajian tentang sejarah dan lingkungan sosio-ekonomi Geopark Ciletuh.

Laporan oleh Arief Irmansyah

2018-10-02T08:19:08+00:00