Kafilah Universitas Padjadjaran Raih Prestasi di Ajang MTQ Mahasiswa Nasional

[unpad.ac.id, 07/08/2017] Tim kafilah Universitas Padjadjaran berhasil meraih sejumlah prestasi di ajang Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Mahasiswa Nasional XV 2017 di Universitas Negeri Malang dan Universitas Brawijaya, Malang, 26 Juli sampai 4 Agustus lalu.

Tim Kafilah Universitas Padjadjaran di ajang Musabaqah Tilawatil Alquran (MTQ) Mahasiswa Nasional XV 2017 di Universitas Negeri Malang dan Universitas Brawijaya, 26 Juli-4 Agutus lalu.*

Tim kafilah Unpad berhasil meraih prestasi pada kategori lomba Debat Kandungan Alquran dalam Bahasa Inggris, Lomba Karya Tulis Ilmiah Alquran, serta kategori Hifdzil 5 Juz Alquran. Pada kategori Lomba Debat Kandungan Alquran dalam Bahasa Inggris, tim kafilah terdiri dari Tanty Riyani (Fakultas Ilmu Budaya) dan Aldo Prayoga (Fakultas Teknik Geologi) berhasil meraih juara II.

Sementara pada kategori Lomba Karya Tulis Ilmiah Alquran, tim yang terdiri dari Rhegy Pratidina (Fakultas Peternakan) dan Moch. Adam Alfath (FMIPA) berhasil meraih juara III. Adapun pada kategori lomba Hifdzhil 5 Juz Alquran Putri, Hafizhoh Nur Azimah (Fakultas Teknologi Industri Pertanian) berhasil meraih Juara Harapan I.

Tiga prestasi yang diraih tim kafilah ini menjadikan Unpad masuk sebagai 10 besar Perguruan Tinggi juara di kompetisi MTQ Mahasiswa Nasional. Secara keseluruhan, jumlah peserta yang ikut dalam kompetisi nasional ini berjumlah 251 perguruan tinggi dengan total mencapai 3.000 orang.

Kompetisi MTQ Mahasiswa Nasional merupakan ajang tahunan yang digelar Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi. Ada 13 kategori lomba dalam kompetisi tersebut, yaitu Tilawatil Quran, Tartilil Quran, Qira’at Sab’ah riwayat Warsy dan Qalun, Hifzhil Quran ( 5 Juz, 10 Juz, 20 Juz), Khaththil Quran golongan Dekorasi, Fahmil Quran, Syarhil Quran, Lomba Karya Tulis Ilmiah, Debat Kandungan Alquran dalam Bahasa Arab dan Inggis, serta desain aplikasi komputer Alquran. Unpad sendiri mengikuti 12 dari 13 kategori lomba.*