MAAR

 

MAAR merupakan Unit Kegiatan Mahasiswa yang berada di lingkungan Fakultas Teknik Geologi, yang berfungsi sebagai wadah bagi mereka yang senang untuk berkegiatan di alam bebas. Sebagai organisasi yang berbasis “Pecinta Alam” di lingkungan mahasiswa Teknik Geologi, MAAR bertujuan untuk dapat menciptakan mahasiswa Teknik Geologi yang dapat berpikir dan bertindak sebagai masyarakat ilmiah dengan fungsi sebagai wadah belajar bagi mahasiswa dalam mengembangkan tanggap pribadi, tanggap kelompok dan tanggap lingkungan pada masyarakat yang lebih luas.

MAAR diharapkan mampu memperlihatkan keunggulan tidak hanya dalam bidang kepecintaalaman seperti “mendaki gunung”, “memanjat tebing”, “mengarungi sungai” dan sebagainya namun lebih dari itu dituntut untuk tergerak mengungkapkan data dan mengemukakan analisa, bahkan sekaligus untuk berkarya nyata, serta turut menjawab fenomena–fenomena yang ada di alam bebas yang dalam pembelajarannya dapat menjadi aplikasi perkuliahan di kelas, karena keprofesian Geologi banyak berkecimpung di alam bebas. Hal tersebut mendukung misi MAAR yang berfungsi sebagai wadah bagi mereka yang senang untuk berkegiatan di alam bebas sebagai nilai tambah yang mendukung keprofesiannya kelak di masa yang akan datang.

MAAR memiliki tujuan yaitu

  1. Sebagai wadah bagi anggota untuk menyalurkan minat dan potensinya dalam kegiatan alam bebas.
  2. Mengkoordinasi dan menggerakkan angggota dalam mengaplikasikan keilmuan geologi.
  3. Mengadakan atau berpartisipasi aktif dalam menjaga lingkungan.
  4. Sosialisasi ilmu geologi dalam kehidupan bermasyarakat.

MAAR dipimpin oleh seorang Raja Rimba yang membawahi sekretaris, bendahara, dan beberapa divisi diantaranya yaitu divisi kaderisasi, divisi panjat tebing, divisi gunung hutan, divisi akademik, divisi bunker, divisi media informasi, dan divisi humas.