S1

S1 2018-03-06T04:32:19+00:00

Visi & Misi, Tujuan, Sasaran dan Strategi Pencapaian

Program Studi S1 Teknik Geologi

Fakultas Teknik Geologi Universitas Padjadjaran

Visi

Menjadi institusi pendidikan geologi yang merespon dan mendorong pemanfaatan potensi sumberdaya geologi melalui penguasaan konsep dan keterampilan geologi yang berorientasi pada pemuliaan lingkungan serta berdaya saing Regional pada tahun 2019.

Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan geologi yang dapat meluluskan sarjana geologi yang memiliki kompetensi dalam eksplorasi energi, eksplorasi mineral, keteknikan geologi dan peneliti bumi yang handal, berkarakter, berbudaya, bermoral, beretika baik, dan bernalar ilmiah, serta mampu bersaing di tingkat regional.
  2. Menyelenggarakan pendidikan geologi yang dapat meluluskan sarjana geologi yang mampu memasuki dan atau menciptakan lapangan kerja, serta mampu mengembangkan diri menjadi profesional geologi.
  3. Menyelenggarakan penelitian dasar dan terapan geologi untuk kepentingan pembangunan nasional sektor energi, mineral dan keteknikan geologi yang berorientasi kepada pemuliaan lingkungan untuk kepentingan pembangunan nasional.
  4. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat dengan menerapkan hasil penelitian dasar dan terapan geologi untuk kepentingan masyarakat, pemerintah dan stakeholder terkait.
  5. Menyelenggarakan pengelolaan akademik dan non akademik yang efesien, cepat dan tepat.

Tujuan

  1. Menghasilkan sarjana geologi dengan kompetensi dibidang eksplorasi energi, eksplorasi mineral, keteknikan geologi dan peneliti bumi yang diakui ditingkat regional, berlandaskan moral dan etika yang baik.
  2. Menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi dalam pemetaan geologi, penguasaan dan pengaplikasian konsep dasar teknologi didukung oleh penguasaan piranti lunak.
  3. Menghasilkan produk penelitian berdasarkan sains dan teknologi geologi yang berorientasi pada eksplorasi energi (termasuk energi terbarukan khususnya panas bumi dan energi air), eksplorasi mineral dan lingkungan (kajian konservasi dan kontaminasi air tanah, geopark, kebencanaan geologi, perencanaan dan daya dukung lahan).
  4. Menerapkan hasil penelitian sebagai bentuk pengabdian yang dapat langsung dirasakan masyarakat, pemerintah, dan pelaku stakeholder terkait.
  5. Pengelolaan akademik yang efesien dan profesional non akademik.

Sasaran

Sasaran utama Program Studi Sarjana Teknik Geologi adalah :

  1. Menghasilkan lulusan sarjana geologi handal dan berkarakter serta mampu berkompetensi (kompetensi geologi lapangan yang unggul), dapat mengamalkan ilmu Pengetahuan dan Teknologi melalui penalaran ilmiah, menjadi intelektual dan/atau ilmuwan yang berbudaya, mampu memasuki dan/atau menciptakan lapangan kerja, serta mampu mengembangkan diri menjadi profesional geologi.
  2. Menyelenggarakan penelitian yang berorientasi sains (konseptual geologi) dan pengembangan aplikasi ilmu pengetahuan teknologi geologi untuk kepentingan pembangunan nasional sektor energi, mineral dan keteknikan geologi.
  3. Meningkatnya kompetensi tenaga pendidik mengikuti perkembangan ilmu pengetahun dan teknologi di bidang geologi serta kebutuhan stakeholder.

Strategi Pencapaian

Strategi yang dibangun oleh program studi teknik geologi dalam rangka pencapaian Visi, Misi, tujuan dan sasaran tersebut di atas adalah selalu berusaha meningkatkan kualitas civitas akademika Prodi Teknik Geologi secara kontinu, antara lain dengan menetapkan nilai-nilai budaya organisasi, yaitu; tanggung jawab, kebersamaan, kejujuran, kedisiplinan, keadilan, mawas diri, tulus, kepedulian, dan profesionalitas. Dalam rangka perwujudan strategi pencapaian Visi, Misi, tujuan dan sasaran dimanifestasikan dalam rencana operasi dengan perencanaan kerja yang menghasilkan program kerja tahunan. Program dan kegiatan yang telah dan akan dilaksanakan secara berkelanjutan oleh Program Studi Sarjana Teknik Geologi pada tahapan ini (periode 2016-2019).

Program Studi Teknik Geologi memiliki sedikitnya 10 Bidang Kajian Utama yang masing-masing Bidang Kajian dapat ditempuh selama 8 semester (4 tahun). Total bobot SKS = 144-146 SKS yang terdiri dari mata kuliah dasar umum dan mata kuliah pilihan penunjang.

Daftar Mata Kuliah   Daftar Dosen Pengajar      GBPP SAP