Program Studi Magister Teknik Geologi telah mendapatkan ijin penyelenggaraan pendidikan DIKTI no.1688/D/T/2009, dan terakreditasi untuk pertama kalinya dengan peringkat B pada tanggal 10 Januari 2013.

VISI dan MISI Program Studi Magister Teknik Geologi periode 2016 – 2019 adalah:

VISI

Menjadi institusi pendidikan geologi yang mampu merespon dan melakukan penyesuaian dalam persaingan global, sehingga mampu menghasilkan lulusan S2 dengan penguasaanilmu dan teknologi yang dilandasi oleh pemahaman kaidah ilmiah dalam pengembangan sumberdaya geologi dan pengelolaan kebencanaan menuju pembangunan berkelanjutan dengan berorientasi pada pemuliaan lingkungan.

MISI

  1. Menyelenggarakan Program Studi Magister Teknik Geologidi bidang eksplorasi sumberdaya energi, sumberdaya mineral, sumberdaya air,geologi rekayasa (geologi teknik dan geologi lingkungan), pengembangan kewilayahan dan pengelolaan kebencanaan yang berorientasi pada pemuliaan lingkungan, menuju pembentukan visi lulusan yang memiliki integritas tinggi dengan landasan yang kuat dalam pengembangan ilmu dan aplikasinya.
  2. Mengembangkan riset-riset unggulan dalam bidang geologi sehingga Program Studi Magister Teknik Geologiakan menjadi ujung tombak sekaligus inkubator pengembanganserta aplikasi ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang geologi.
  3. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat berbasis riset unggulangeologi yang berorientasi pada pemuliaan lingkungan.
  4. Menyelenggarakan program akademik dan non-akademik didukung sumber daya berkualitas serta tata kelola profesional dan akuntabel.