Student Chapter

Student Chapter 2019-10-28T09:58:32+00:00

American Association of Petroleum Geologists

Website

Sebagai student chapter tertua di Universitas Padjadjaran, AAPG Universitas Padjadjaran Student Chapter dibawah bimbingan Prof. Dr. Edy Sunardy, Ir., M.Sc., didirikan bersama dengan empat student chapter AAPG lainnya di Indonesia yaitu UGM, ITB, Trisakti dan UPN pada tahun 2000. 

AAPG Universitas Padjadjaran Student Chapter didirikan untuk meningkatkan pengembangan akademik anggotanya, memperluas jaringan anggotanya, serta membangun integritas tinggi untuk menjadi individu yang berpikiran global.

Lembaga yang berbasis internasional ini telah banyak melakukan kegiatan yang bermanfaat terutama dalam bidang keilmuan geologi seperti course, seminar nasional, workshop, kuliah umum, fieldtrip, ekskursi, kuliah lapangan, lomba poster-paper dengan instruktur dari berbagai instansi perusahaan baik dalam dan luar negeri.

Society of Economic Geologist

Student Chapter of SEG (Society of Economic Geologist) dibentuk sejak tahun 2009.

Lembaga ini berfungsi untuk mengakomodir mahasiswa yang tertarik di dalam bidang geologi pertambangan. Kegiatannya meliputi kursus-kursus tentang metode eksplorasi sumberdaya mineral dan batubara, pembahasan konsep-konsep tipe endapan mineral dan analisis sampel.

Selain itu ada juga kegiatan workshop tentang software di bidang pertambangan, mineral dan batubara, kuliah umum, fieldtrip, ekskursi, kuliah lapangan, lomba poster-paper dengan instruktur dari berbagai instansi perusahaan baik dalam dan luar negeri.

Society of Petroleum Engineers

Society of Petroleum Engineers Padjadjaran University Student Chapter (SPE UNPAD SC) adalah sebuah organisasi non-profit mahasiswa yang berfokus dalam sektor energi minyak dan gas bumi. Merupakan student chapter yang berada di bawah naungan SPE Java Section dan SPE Asia Pacific Region.

SPE mengakomodir member-membernya untuk dapat mengembangkan soft dan hard skill dalam mempersiapkan diri untuk industri minyak dan gas bumi. Pertahunnya terdapat 80 member dari SPE yang terdiri dari berbagai angkatan

Ikatan Ahli Geologi Indonesia

Seksi Mahasiswa – Ikatan Ahli Geologi Indonesia (SM-IAGI) Unpad merupakan organisasi yang berada di bawah Fakultas Teknik Geologi Universitas Padjajaran dan berkoordinasi langsung dengan Himpunan Mahasiswa Geologi “HMG” Unpad.

SM IAGI Unpad merupakan wadah bagi kalangan mahasiswa kebumian agar dapat memiliki kapabilitas untuk bersaing di dunia global. Rapat Pleno Pengurus Pusat IAGI (PP IAGI) memutuaskan pembentukan SM-IAGI dan FGMI sebagai koordinatornya. Salah satu SM-IAGI yang terbentuk yaitu SM-IAGI Unpad yang dibentuk pada bulan Februari 2013 dan di resmikan pada 28 November 2013. SM-IAGI Unpad berlandaskan kepada Pancasila, UUD 1945, dan Tri Dharma Perguruan Tinggi.