Student Chapter SPE Teknik Geologi Gelar Studium Generale

Perkembangan ilmu pengetahuan di dunia perminyakan dan gas bumi saat ini tumbuh dengan cepat seiring dengan kemajuan teknologi yang mendukungnya sehingga hal ini memberikan tantangan kepada mahasiswa Teknik Geologi yang merupakan para calon geologis untuk dapat selalu mengikutinya, salah satunya dengan mengikuti kuliah umum yang mengahadirkan para praktisi sebagai narasumber. Hal ini sejalan dengan pernyataan Wakil Dekan Fakultas Teknik Geologi Unpad dalam sambutannya ketika membuka acara “Studium Generale Oil and Gas Exploration Technology” (6/3) di Balai Sawala Unpad. Dr.Sc Yoga Andriana menyatakan dengan adanya praktisi yang dapat sharing tentang dunia oil dan gas memberikan masukan kepada mahasiswa bagaiman ilmu yang dimilikinya dapat berguna.

Acara ini merupakan agenda tahunan salah satu Student Chapter Society of Petroleum Engineers (SPE) Teknik Geologi Universitas Padjadjaran , dimana tujuan dari diselenggarakaannya acara ini adalah sebagai media sharing antara mahasiswa dan praktisi tentang perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang perminyakan. Dalam kesempatan ini juga Agam Subagja selaku presiden SPE Student Chapter 2018 menjelaskan tentang visi dan misi dari organisasi yang dipimpinnya.
Dalam kesempatan ini narasumber pertama yang membarikan materi adalah Ir. H. Dedy Hidayat , MM selaku Senior Driling Fluid Engginer di M-I SWACO & Schlumberger dengan judul “Introduction To Drilling Fluids Technology For Oil And Gas Exploration”, beliau memaparkan tentang proses dan fungsi “Drilling Fluid” dalam proses pemboran minyak dan teknologi yang digunakannya saat ini.

Selanjutnya untuk narasumber kedua dari acara ini diisi oleh Bapak Hendra selaku “Drilling Fluids and cementing Specialist” di Total E&P Borneo beliau memberikan informasi tentang profesi “Drilling Enggineering” di dunia perminyakan. Dalam kuliahnya Ir. H. Dedy Hidayat , MM memberikan pesan kepada para mahasiswa untuk terus meningkatkan kompetensinya di bidang geologi dan bahasa asing selaian bahasa inggris agar memiliki nilai lebih dalam berkopetisi di dunia kerja selain itu juga memberikan motivasi dan berharap agar banyak alumni unpad dari Teknik Geologi untuk dapat bergerak di bidang “Drilling Fluid”, walaupun saat ini sudah ada beberapa alumni Teknik Geologi Unpad yang sudah mendunia meniti karir di bidang tersebut. (Marlina – 6/3).

2018-03-07T02:49:20+00:00