STUDI LAPANGAN DI CILETUH-PALABUHAN RATU UNESCO GEOPARK, KERJASAMA UNPAD DENGAN AKITA UNIVERSITY JEPANG

Guru besar Linguistik, Profesor Yoshimi Miyake dengan 4 orang undergraduate students dari Department of Resources Policy and Management, Faculty of International Resource Science, Akita University, didampingi oleh tim dosen dari FTG melakukan studi lapangan dari tanggal 29 September sampai 4 Oktober 2018. Studi lapangan ini merupakan bagian dari kerjasama multi disiplin antara Unpad dengan Faculty of International Resources Science, Akita University. Rangkaian kegiatan kerjasama ini diawali dengan diskusi yang dipimpin oleh Prof Cece Sobarna dan Dr. Puspa Mirani Kadir, dari Fakultas Ilmu Budaya, membahas tentang kajian sejarah, sosio-budaya dan sosio-ekonomi pada tanggal 28 September 2018.

Studi lapangan yang dipimpin oleh Prof. Mega F. Rosana, dimulai dengan mengunjungi Pusat Informasi Geopark Pelabuhan Ratu. Informasi budaya juga diperoleh dari kunjungan ke musium mini geopark di kawasan Panenjoan. Peserta mendapatkan penjelasan mengenai bagaimana suatu kawasan diusulkan dan disetujui sebagai kawasan Unesco Global Geopark Network, serta keragaman budaya dan sosial ekonomi masyarakat di sana.

 

Peserta berkesempatan melihat langsung berbagai keragaman geologi setempat, antara lain geyser Cisolok, plateu Jampang dan air terjun.

 

Di kampung adat “Kasepuhan Sinar Resmi”, peserta dapat mengamati tradisi lokal di bidang pertanian yang diwariskan turun temurun. Terdapat 69 varietas padi ditanam dengan cara tradisional yang dipertahankan sejak abad 16. Pembimbing dan mahasiswa Jepang serta

 

4 orang dosen pendamping dari FTG (Prof. Mega, Euis Tintin PhD, Adi Hardiyono dan Dr. Eng. Santi) disambut dengan pagelaran kesenian lokal khas tari Cepet.

Peserta berkesempatan untuk mengunjungi kawasan konservasi flora dan fauna, serta mempraktekan cara transplantasi dan penanaman terumbu karang. Prof Miyake beserta rombongan merasa tertarik pada pola pemberdayaan masyarakat setempat dengan penyediaan homestay dan pengolahan produk makanan lokal.

Melalui kerjasama diharapkan akan terbuka kesempatan bagi para peneliti dari berbagai negara untuk melakukan kolaborasi riset multisidiplin. Selain studi lapangan, kawasan Geopark Ciletuh-Palabuhan Ratu juga merupakan daerah kunjungan yang sangat berkesan bagi para peserta Summer Programe yang biasa diselenggarakan Universitas Padjadjaran setiap bulan Agustus-September.

 

2018-10-12T04:28:15+00:00