Tim Sadewa Fakultas Teknik Geologi Berhasil Menjadi Pemenang Pertama Case Study Competition di Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta

Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta atau biasa disingkat UPN “Veteran”, merupakan salah satu Perguruan Tinggi Negeri (PTN) di Indonesia yang berlokasi di Daerah Istimewa Yogyakarta. Di UPN terdapat banyak organisasi kemahasiswaan, salah satunya Seksi Mahasiswa – Masyarakat Geologi Ekonomi Indonesia Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta (MGEI – SC UPN “Veteran” Yogyakarta) yang anggotanya terdiri dari para mahasiswa Teknik Geologi Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta.

MGEI-SC UPN “Veteran” Yogyakarta mengadakan acara Geodefest (Geology of Ore Deposits Festival) 2018. Acara Geodefest  mengusung tema “Basic Knowledge and Field Technique on Mineral Deposit Exploration”. Geodefest merupakan rangkaian acara yang dilaksanakan agar peserta dapat mengetahui kegiatan lapangan geologi dalam eksplorasi mineral, untuk mengembangkan potensi diri, menambah dan mengetahui wawasan ilmu yang lebih luas khususnya dalam ekplorasi mineral, serta meningkatkan mutu pendidikan mahasiswa agar terus berkembang khususnya dalam eksplorasi mineral. Kegiatan ini dilaksanakan dalam bentuk workshop, fieldtrip, dan rangkaian lomba, yaitu berupa pemaparan materi oleh  pemateri,  dilanjutkan dengan pengerjaan materi, lalu fieldtrip, serta lomba case study  dan  lomba membuat paper.

Salah satu kegiatan dalam rangkaian acara ini adalah Case Study Competition. Case  Study  Competition merupakan  kompetisi  yang  ditujukan  untuk  seluruh mahasiswa/i  di  Indonesia dengan  tema  “Locating  Natural  Resources Target Area for Mineral Deposit Exploration”. Kompetisi ini dilakukan oleh tim, 1 tim terdiri dari 3 orang dengan syarat mahasiswa aktif S1/D3 dari Universitas yg sama, dengan cara mengolah data yang disediakan dan kemudian dipresentasikan kepada Dewan Juri.

Kegiatan pertama yaitu melakukan seleksi dengan mengirimkan esay ke e-mail yang telah ditentukan pada panitia mulai dari tanggal 7 Juni 2018 – 18 Agustus 2018, kemudian esay diseleksi dan dipilih beberapa esay terbaik untuk maju ke babak selanjutnya yaitu pengolahan data yang dilakukan di tempat yang telah disediakan pada tanggal 29 September 2018. Untuk kegiatan presentasi hasil pengolahan data dilakukan pada tanggal 30 September 2018 di kampus 1 UPN “Veteran” Yogyakarta.

Tim Sadewa yang terdiri dari Nouval Muammar (2015), Retno Aulia Tungkagi (2016) dan Chrisany Hukubun (2016) mahasiswa Fakultas Teknik Geologi Universitas Padjadjaran berhasil menjadi pemenang pertama Case Study Competition. Selamat kepada pemenang. Terus Berprestasi !.

 

Laporan oleh Sylvia Candilla

2018-10-15T01:56:47+00:00