Unpad dan ITNY Gowes Bersama di Pedesaan Kulon Progo

[unpad.ac.id, 4/12/2019] Universitas Padjadjaran melakukan gowes bersama dengan Institut Teknologi Nasional Yogyakarta (ITNY), 27 – 28 November lalu. Kegiatan ini merupakan salah satu dari implementasi kerja sama antara Unpad dan ITNY.

Sejumlah akademisi Unpad dan Institut Teknologi Nasional Yogyakarta gowes bersama menyusuri jalan di Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta, 27 – 28 November lalu.*

Acara tersebut di antaranya dihadiri Dekan Fakultas Kedokteran Unpad Dr. med. Setiawan, dr., Dekan Fakultas Teknik Geologi Unpad Dr. Ir. Vijaya Isnaniawardhani, M.T., Rektor ITNY Dr. Ir. H. Ircham, M.T., serta sejumlah dosen di lingkungan Unpad maupun ITNY.

Gowes santai ini menyusuri jalan di Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta, hingga berakhir di area Candi Borobudur, Magelang. Tidak sekadar bersepeda, kegiatan ini sekaligus menyusuri berbagai obyek geologi dan budaya di kawasan Kulon Progo. Selain itu, kabupaten ini juga menjadi obyek penelitian bersama antara Unpad dan ITNY.

Dalam rilis yang diterima Kantor Komunikasi Publik Unpad disebutkan, Kulon Progo dipilih sebagai obyek penelitian mengingat daerah ini memiliki sejumlah lokasi batuan tertua di pulau Jawa. Hal ini menjadikan Kulon Progo setara dengan Ciletuh di Jawa Barat dan Lok Ulo di Kebumen, Jawa Tengah.

Dari segi aktivitas sosial, pengembangan masyarakat di Kulon Progo juga cukup unik. Sejumlah program pemberdayaan masyarakat lokal didorong dengan tujuan meningkatkan kesejahteraan.

Usai gowes, digelar kegiatan disuksi kelompok terpumpun yang digelar di kampus ITNY. Adapun kerja sama Unpad dan ITNY telah berlangsung sejak 2016 lalu. Program kerja sama tridarma ini telah menghasilkan lima orang Doktor di bidang teknik geologi.*

Rilis: Fakultas Teknik Geologi/am

 

2019-12-04T06:41:38+00:00