Unpad Jalin Kerja Sama dengan Akita University

[unpad.ac.id, 26/3/2019] Universitas Padjadjaran menjalin kerja sama akademik dengan Akita University, Jepang. Kerja sama ditandai dengan penandatanganan Nota Kesepahaman oleh Rektor Unpad Prof. Tri Hanggono Achmad dengan Presiden Akita University Prof. Fumio Yamamoto, PhD, di ruang Rektor, Gedung Rektorat Unpad, Jatinangor, Selasa (26/3).

Rektor Universitas Padjadjaran Prof. Tri Hanggono Achmad menyerahkan cinderamata kepada Presiden Akita University, Jepang, Prof. Fumio Yamamoto, PhD, sesuai penandatanganan Nota Kesepahaman Unpad-Akita University di ruang Rektor, Gedung Rektorat Unpad, Jatinangor, Selasa (26/3). (Foto: Tedi Yusup)*

“Kerja sama Unpad dengan Akita University ini memiliki prospek baik ke depannya,” ujar Rektor.

Dalam Nota Kesepahaman tersebut, kedua perguruan tinggi sepakat melakukan kerja sama meliputi, pertukaran staf pengajar, peneliti, dan administrasi; pertukaran mahasiswa; melakukan penelitian bersama; mengadakan kuliah umum dan simposium; pertukaran informasi akademik; penggunaan laboratorium bersama; serta berbagai aktivitas kerja sama lainnya seputar tridarma perguruan tinggi.

Sebagai langkah awal, Fakultas Teknik Geologi menjadi fakultas yang mengimplementasikan kerja sama dengan Akita University. Salah satu rencana yang akan dikembangkan adalah penyelenggaraan Dual Master Degree Program antara FTG Unpad dan Akita University.

Rektor mengatakan, di bidang kegeologian, kerja sama ini diharapkan berkontribusi terhadap penyelesaian tantangan geologi, khususnya di Jawa Barat. “Dengan kompetensi yang kita miliki, Pemerintah telah memberikan kita (Unpad) kesempatan untuk berkontribusi mengoptimalkan berbagai potensi sumber daya geologi,” ucapnya.

Rektor juga berharap, kerja sama ke depan dapat melibatkan berbagai fakultas yang ada di lingkungan Unpad.

Dalam acara penandatanganan tersebut, hadir Wakil Rektor Bidang Riset, Pengabdian pada Masyarakat, Kerja Sama, dan Korporasi Akademik Unpad Dr. Keri Lestari, M.Si., Apt., Dekan FTG Unpad Dr. Vijaya Isnaniawardhani, serta sejumlah dosen FTG Unpad. Sementara dari pihak Akita University hadir Vice President Prof. Tokiyuki Sato.*

Laporan oleh Arief Maulana

2019-03-28T02:39:31+00:00