The first row is for desktop, and second row is for Tab and Mobile.
You can right click on this text and use Navigator for easy editing. This text message is hidden on all screens using Advanced/responsive tab on left.

FTG Dorong Dosen dan Mahasiswa Tingkatkan Riset di Bidang Geologi Kelautan

Rilis : Marlina Mustikaningsih

Mengawali kegiatan riset di tahun 2022 Fakultas Teknik Geologi Universitas Padjadjaran menyelengarakan kegiatan Webinar Riset, Inovasi Dan Kemitraan Seri 1, dalam kegiatan ini saya berharap para dosen dan mahasiswa dapat memproleh pencerahan dan dapat berintegrasi dengan lembaga penelitian lain di dalam dan luar negeri. Ungkap Dekan FTG Unpad Prof. Mega Fatimah Rosana dalam pembukaan webinar tersebut. (2/2)

Dr. M. Sapari M Hadian juga menambahkan bahwa kegiatan webinar ini akan menjadi kegiatan rutin di Fakultas Teknik Geologi Unpad , dimana fakultas akan mengundang narasumber dari instansi di luar Unpad agar dapat meningkatkan peluang kerjasama riset dan inovasi di lingkungan FTG dengan agenda dan tema yang akan diangkat terkait lima kluster riset di FTG Unpad yaitu Kemaritiman, Kebencanaan, Mineral, Energi dan Lingkungan.

Pada Webinar Riset, Inovasi dan Kemitraan Seri 1 ini FTG mengundang narasumber dari Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) yaitu Dr. Hotmatua Daulay selaku Plt. Direktur Pendanaan Riset dan Inovasi BRIN, Dr. Nugroho Hananto selaku Plt Direktur Pengelolaan Armada Kapal Riset , BRIN dan Prof.Dr Vijaya Insaniawardhani, MT selaku Guru Besar FTG Unpad.

Dalam pemaparannya Prof. Dr. Vijaya Isnaniawardhani, MT menyampaikan pengalamannya pada saat mengikuti Ekspedisi Natuna tahun 2010, dimana dari hasil Kerjasama riset tersebut dihasilkan berbagai output riset diantaranya adalah  jurnal nasional dan internasional, hasil riset yang dipresentasikan melalui seminar nasional IAGI dan juga mengajukan HAKI bahwa penelitian penelitian tersebut sudah dilakukan di Indonesia, untuk mendukung atas teritorial Indonesia.

Foto 1. Dokumentasi Ekpedisi Natuna yang dilakukan Prof. Dr. Vijaya Isnaniawardhani, MT pada tahun 2010. (3/2)

Pof. Vijaya juga menyampaikan saat ini kita perlu memberikan pemahaman kepada mahasiswa dimana mereka dimasa depan akan dihadapkan dengan riset riset di bidang geologi kelautan dan kesempatan melakukan riset di bidang ini terbuka lebar, karena saat ini masih sedikit mahasiswa yang melakukan riset di bidang geologi kelautan.

Senada dengan Prof. Vijaya, DR. Nugroho Hananto juga menyampaikan dalam pemaparanyan bahwa laut dan samudra merupakan Final Frontier  hal ini dikarenakan 80 % dari laut dan samudera belum dipetakan, belum di eksplorasi dan belum di observasi. Bahkan beliau menyampaikan bahwa kita lebih mengenal permukaan Mars dibanding dengan dasar laut kita sendiri, dengan demikian membuka peluang besar untuk menemukan kebaruan dalam berbagai aspek di bidang kemaritiman.

Foto 2 . Armada Kapal Riset yang dimiliki BRIN untuk mendukung riset samudera bagi periset Indonesia.

Dr. Nugroho juga menjelaskan 4 (empat)  tema besar riset samudera yaitu Geosains Kelautan, Oseanografi dan Sains Atmosfer, Bilogi Kelautan termasuk Perikanan dan Pemetaan Lantai Samudera. Diakhir pemaparannya Dr. Nugroho mengajak seluruh dosen dan mahasiswa FTG dan seluruh peserta webinar untuk dapat memanfaatkan fasilitas dan peluang melaksanakan riset bersama BRIN agar riset kelautan dan riset samudera dapat dilakukan secara optimal.

Sementara itu Dr. Hotmatua Daulay menjelaskan tentang peluang melakukan riset kerjasama bersama BRIN , dimana BRIN merupakan integrasi dari lembaga-lembaga penelitian pemerintah akan menfasilitasi alat laboratorium dan kegiatan riset yang akan dilakukan para peneliti. BRIN saat ini membuka pengajuan proposal riset sepanjang tahun dan salah satu penguatan dan penataan fungsi riset di BRIN untuk tahun 2022 melalui organisasi riset  salah satunya adalah  kebumian dan maritim.

Foto 3. Skema Fasilitasi dan Pendanaan Riset BRIN. (3/2)

Dr. Hotmatua menjelaskan tentang skema fasilitasi dan pendanaan riset yang disediakan oleh BRIN. Dimana terdapat skema fasilitasi dan pendanaan riset yaitu Program Fasilitasi hari Layar, Pendaan Ekspedisi dan Eksplorasi, Pendanaan Perusahaan Pemula Berbasis Riset, Pusat Kolaborasi Riset, Prioritas Riset Nasional dan Covid 19 serta Fasilitasi Pengujian Produk Inovasi Kesehatan. Beliau juga menjelaskan bahwa BRIN menerima prososal riset sepanjang tahun, dimana untuk proposal fasilitasi dan pendanaan riset dan inovasi BRIN lewat satu pintu.. https://pendanaan-risnov.brin.go.id.

kaçak iddaa siteleri

casino siteleri 1xbet