The first row is for desktop, and second row is for Tab and Mobile.
You can right click on this text and use Navigator for easy editing. This text message is hidden on all screens using Advanced/responsive tab on left.

FTG UNPAD kembali membuka pendaftaran Program Double Degree Magister dengan Akita University Jepang

Rilis : Marlina Mustikaningsih

Fakultas Teknik Geologi Universitas Padjadjaran (FTG Unpad)  mengadakan acara Sosialisasi Program Double Degree Magister Fakultas Teknik Geologi dengan Graduate School of International Resource Sciences Akita University Jepang, secara daring (19/6). Program Double Degree Magister Fakultas Teknik Geologi memberikan kesempatan untuk meningkatkan skill, student exposure baik dalam industry maupun internasional, pada bidang konsentrasi petroleum geology dan economic geology dalan lingkungan akademik di Akita University yang memiliki kualitas pengajar internasional, dengan faislitas laboratorium yang sangat lengkap dan canggih, dan sangat mendukung untuk menghasilkan kualitas riset maupun tesis  yang berstandar internasional. Program ini juga memberikan peluang kepada para mahasiswa untuk berkuliahan di dua kampus dengan hanya membayar tuition fee pada home University (UNPAD) dan mahasiswa akan dibimbing oleh satu pembimbing dari FTG UNPAD dan satu pembimbing yang memiliki banyak international experience research dari Akita University. Dan program Double Degree Magister Fakultas Teknik Geologi ini terbatas hanya untuk 5 (lima) candidates mahasiswa terbaik.

Dengan adanya cukup banyak pertanyaan dan antusias para mahasiswa yang ingin mengetahui tentang proses seleksi, keuntungan dan fasilitas studi DD Program ini, atas inisiasi dari Wakil Dekan I FTG berkolaborasi dengan Kaprodi program S2 FTG dan Kepala Unit Internasionalisasi FTG acara ini dapat terselenggarakan dan  tidak hanya terbuka untuk para  calon mahasiswa baru magister Teknik Geologi, tetapi juga masyarakat umum yang ingin mengetahui lebih lengkap dan jelas tentang informasi program Double Degree (DD).

Dalam sambutannya, Prof. Euis Tintin Yuningsih selaku Wakil Dekan Pembelajaran Kemahasiswaa dan Inovasi FTG Unpad menyampaikan “FTG UNPAD akan menjawab pertanyaan-pertanyaan tentang program Double Degree ini secara detail, dan kita bisa berdikusi secara langsung dengan para mahasiswa yang berminat sehingga jika ada hal-hal yang ingin ditanyakan atau membutuhkan penjelasan secara langsung mengenai program ini bisa diperoleh sekarang”, jelas Prof. Euis.

Acara ini dihadiri oleh para calon mahasiswa magister yang fresh graduate maupun yang telah  bekerja di intansi pemerintah ataupun di perusahaan swasta. Peserta sangat antusias dalam megikuti kegiatan sosialisasi ini, hal ini terlihat dari banyaknya pertanyaan yang diajukan oleh para peserta yang hadir selama lebih dari satu jam waktu diskusi bersama.

Dalam kesempatan ini, Kepala Unit Internasionaliasi FTG yaitu Ibu Dr.Eng Santi Dwi Pratiwi memberikan presentasi secara komprehensip mengenai program Double Degree ini, dari proses administrasi dokumen di Unpad dan Akita University, fasilitas laboratorium dan asrama mahasiswa yang tersedia di Akita University, hingga proses keberangkatan mahasiswa ke Jepang dan kelulusan , “para mahasiswa Program Double Degree ini nantinya akan memperoleh dua ijazah dan juga dua gelar (gelar ganda) yaitu dari Universitas Padjadjaran dan dari Akita University” ungkap Dr. Eng Santi.

Untuk program Double Degree ini  berfokus pada konsentrasi petroleum  dan mineral resources, dengan lebih detailnya ke petroleum geology, metal ore deposit, mineral resources & tectonics, resource policy & management, advanced petrology, geothermal, earth resource engineering, dan geophysical exploration for petroleum.

Dalam proses seleksi para calon mahasiswa yang telah dinyatakan diterima oleh Unpad nantinya akan  mengikuti seleksi kembali di  Akita University berupa research proposal plan examination  dan interview yang akan diadakan oleh Akita University secara daring. Untuk jadwal  lengkapnya DR. Eng Santi menjelaskan  persiapan  proposal di akan dilaksanakan di pertengahan bulan Juli 2021 hingga akhir Juli 2021. Prof. Euis Tintin juga menambahkan, proses interview  berupa oral examination/presentation dalam bentuk interview secara online dengan akita university akan dilaksanakan pada awal Agustus 2021, setelah mengikuti seleksi tersebut dan dinyatakan lolos nanti mahasiswa akan  disiapkan  untuk proses dokumen lebih lanjut seperti pembuatan acceptance letters yang akan di support secara langsung oleh International Unit FTG Unpad.

Jadwal perkuliahan bagi mahasiswa yang diterima di Semester Ganjil 2021/2022 adalah pada bulan Agustus 2021 sampai dengan Februari 2022 mahasiswa akan kuliah di Unpad, dan kemudian pada  akhir Maret 2022 mahasiswa  akan berangkat ke Akita University sampai dengan bulan Desember 2022 untuk melaksanakan  kuliah, analisis lab, seminar, drafting tesis, di Akita University dan juga penyusunan paper internasional. Setelah itu mahasiswa akan kembali ke Unpad pada Januari 2023 untuk melakukan bimbingan, seminar, publikasi dan sidang tesis hingga Agustus 2023.

Seperti di awal proses seleksi mahasiswa melakukan dua kali examination begitupun di akhir mahasiswa akan melakukan dua kali thesis examination, dimana dilaksanakan  di Unpad dan di Akita University, dan untuk Publikasi Internasional mahasiswa membuatnya  sesuai dengan kesepakatan dengan pembimbing.

Harapan dari FTG UNPAD, dengan adanya sosialiasi ini akan memberikan informasi secara lengkap dan jelas kepada para calon mahasiswa baru dan juga untuk mendapatkan kandidat mahasiswa terbaik yang memiliki potensi sesuai kriteria persyaratan progam.

Penerimaan mahasiswa baru untuk  Program Double Degree Magister Fakultas Teknik Geologi dengan Graduate School of International Resource Science Akita University Jepang melalui SMUP Unpad masih dibuka sampai dengan tanggal 19 Juli 2021, para calon mahasiswa dapat langsung mendaftar dengan mengunjungi laman pendaftaran.unpad.ac.id.

 

kaçak iddaa siteleri

casino siteleri 1xbet