Program Internasional FTG Semester Genap 2020/2021 Resmi Diluncurkan

Rilis oleh Marlina Mustikaningsih

(ftgeologi.unpad.ac.id,14/4/2020) Fakultas Teknik Geologi meluncurkan Program Internasional Semester Genap 2020/2021, sebagai salah satu upaya dalam meningkatkan kompetensi lulusan dalam hal attitude, leadership, networking, skill, knowledge dan international competence.

Program tersebut resmi dilucurkan oleh Dekan FTG Unpad  Prof. Ir. Mega Fatimah Rosana, M.Sc. Ph.D., dan  dihadiri juga oleh   Wakil Dekan Bidang Pembelajaran, Kemahasiswaan, dan Riset FTG Prof. Euis Tintin Yuningsih, ST.MT. Ph.D, Manajer Pembelajaran, Kemahasiswaan dan Alumni FTG Dr. Eng. Ir. Agus Didit Haryanto. MT., Kepala Unit Internasionalisasi FTG Dr. Eng. Santi Dwi Pratiwi, Ketua Program Studi S1 Teknik Geologi Dr.Rd Irvan Sophian, ST., MT serta mahasiswa S1 Teknik Geologi angkatan 2017, 2018 dan 2019 secara daring, Selasa 13 April 2021.

Ketua Program Studi S1 Teknik Geologi Dr.Rd Irvan Sophian, ST., MT Mensosialisasikan Program Internasional kepada mahasiswa Teknik Geologi angkatan 2018-2019.

Dalam pemaparannya Dr. Irvan menyampaikan bahwa keterlibatan mahasiswa dalam program internasional ini dalam rangka meningkatkan lulusan Teknik Geologi menjadi lebih baik, selain itu hal ini dilakukan sebagai upaya untuk mengoptimalkan program pembelajaran walaupun masih dalam suasana pandemi serta sebagai salah satu langkah Teknik Geologi dalam implementasi program kampus merdeka.

“Program Internasional ini terdiri dari program Student Exchange, Magang, Symposium international poster presentation Pemetaan Geologi Lanjut, dan yang menjadi unggulan yaitu program student exchange transfer credit dengan  skema penyetaraan nilai akhir berupa transfer kredit dan SKPI, program ini dapat diikuti oleh seluruh mahasiswa Teknik Geologi, yang memenuhi kriteria dan tentu saja dengan seleksi yang cukup ketat” Ujar Dr. Irvan.

Dr. Santi menjelaskan berbagai program yang ditawarkan kepada mahasiswa yaitu (1) Student Exchange (Transfer credits dan thesis) dengan Akita University Jepang, (2) Symposium Poster Pemetaan Geologi untuk pelajar Final Year Projek dengan Universitas Malaysia Kelantan, (3) Program Mobility Students  +  Join Supervisor dengan Universitas Malaysia Kelantan dan University Malaysia Sabah (4) Internship & training Program Summer 2021 dengan Japan Space Systems, (5) Program Exchange Students – Kampus Merdeka, (6) Program Exchange Students (thesis) dan transfer credit dengan Kyushu University dan (7) Double Degree Master Program Teknik Geologi dengan Akita University.

. “ini adalah kesempatan yang sangat baik untuk seluruh mahasiswa Teknik Geologi yang ingin memperoleh pengalaman internasional yang tidak hanya perkuliahan tetapi juga intership program,  terutama dalam kepakaran atau peminatan studi mahasiswa  dengan output peningkatan kualitas penelitian maupun keilmuan dengan standar internasional. Selain itu, dengan international exposure experience, mahasiswa FTG dapat meningkatkan relasi internasional dan upgrade soft skill” jelas Dr. Santi dalam pemaparannya.

Dalam acara tersebut juga Dekan FTG memberikan  E-Certificate of Apreciation kepada peserta Student Exchange (Transfer Credit) Tahun 2020 ke Akita University yang terdiri dari Gabriela Cristia Natalia Gasperz (FTG 2017), Lilian Cornelia Rieupassa (FTG 2017),  Mirai Suchayla Adiba  (FTG 2017) dan Mila Komalasari (FTG 2018).

Acara ditutup dengan penyampaian testimoni dari peserta Student Exchange transfer credit Tahun 2020 yaitu Mirai Suchayla Adiba yang mengikuti program ini selama satu tahun. feedback dari Mirai bahwa program ini sangat bermanfaat dan memberikan pengalaman international yang sangat luar biasa baik dari segi akademik, softkill , attitude maupun dari segi kehidupan sehari-hari.

“Teman-teman jangan ragu untuk mengikuti program ini karena berdasarkan pengalaman saya, program ini tidak mempengaruhi lamanya studi, dan juga memberikan pengalaman soft skill terutama menulis scientific reports, Bahasa Inggris dan Jepang yang sangat berguna untuk nanti dalam rencana mencari beasiswa untuk studi lanjut” jelas Mirai.

Dalam pelaksanaan program-progam internasional bagi mahasiswa FTG, Unit Internasionalisasi FTG sangat mendukung mahasiswa, terutama untuk dokumen-dokumen, dan bekerjasama dengan Kepala Prodi S1 Teknik Geologi serta Manajer Pembelajaran, Kemahasiswa dan Alumni demi tercapainya visi misi FTG dan mendukung program universitas, berkarya dan mendunia.

Sesi Foto bersama Pejabat Pengelola FTG Unpad beserta mahasiswa angkatan 2018-2019 dalam acara Pelucuran dan Sosialisasi Program Internasional FTG Semester Genap 2020/2021